Jumat, 25 November 2016

pengertian tecnologi

A.      Sekilas Pengertian Teknologi
              Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian teknologi informasi? Pernyataan-pernyataan seperti ini sering dilontarkan dan untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri.
Teknologi informasi (information technology) biasa disebut TI, IT, atau infotech. Berbagai definisi tentang informasi diberikan dengan maksud dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.
Berbagai definisi teknologi informasi sebagai berikut :
1.    Haag dan Keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.    Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang di gunakan untuk memperoses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencangkup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
3.    Williams dan Sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
            Dari definisi yang tercantum terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut.
a.    Teknologi komputer
Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat di kontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya. Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.
b.      Teknologi komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga di sebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam katagori teknologi ini adalah telepon, radio, dan televisi.
              Perlu diperhatikan bahwa komputer tidak harus berupa seperti PC yang anda jumpai di rumah atau kantor, tetapi juga bisa berupa peralatan-peralatan yang lain seperti mesin pembuat kopi, oven mikro-glombang (microwave), remote untuk TV, televisi, ponsel, dan CD player. Peralatan-peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk cip (chip) yang di sebut mikroprosesor.
              Dari pembicaraan di depan tersirat bahwa teknologiinformasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti seperti ponsel ataupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya televisi). Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi. [1]
B.       Pengertian Remaja
              Remja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Pasa masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua.
  Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dewasa.
  Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan pengertian remaja menurut Zakiah Darajat (1990: 23) adalah:
masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.
Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26) bahwa adolescene diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan atas tiga, yaitu 12 – 15 tahun = masa remaja awal, 15 – 18 tahun = masa remaja pertengahan, dan 18 – 21 tahun = masa remaja akhir.  Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono membedakan masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006:  192).[2]
C.      Pengelompokan Teknologi Informasi
       Telah diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 3 teknologi, yakni teknologi keluaran, teknologi penyimpan dan teknologi perangkat lunak.
1.    Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran (output technology) dalah teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang bisa digunakan sebagai peranti keluaran
2.    Teknologi Penyimpan
Teknologi penyimpan di bedakan menjadi dua kelompok, yaitu : memori internal dan penyimpan eksternal.
             Memori internal (bisa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program,maupun informasi ketika peroses pengolahan dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read-only memory) adalah meori yang hanya bisa dibaca, sedangkan isket diperbaharui.
Penyimpan eksternal (external storage) dikanal juga dengan sebutan penyimpan sekunder. Penyimpan eksternal adalah segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Perngertian permanen di sini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpan eksternal.
3.    Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program adalah deretan instruksi yang diguankan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat nmelakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya. Tentu saja untuk mengerjakan tugas yang berbeda diperlukan pula perangkat lunak tersendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakan contoh perangkat lunak yang berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.[3]
1.    Perangkat Lunak dalam Desain Grafis CorelDRAW
a.    Katagori Desain Grafis
Peralatan yang diguankan oleh para desainer grafi adalah akal atau imajinasi, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta) dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Dalam garis besarnya desain grafis dikelompokan menjadi bebrapa katagori :
1). Printing (pemcetkan) yang membuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2).   Web Design : desain untuk halam web.
3).   Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4).  Logo EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5).   Desain Produk, Pemaketan, dan sejenisnya.
  Oleh karena itu desain grafis dibagi menjadi bebrapa katagori, maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
a). Aplikasi Pengolah Tata Letak ( Layout )
Program ini sering diguanakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster dan lain sebagainya.
b). Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
     Program ini sering diguanakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut     sebagai Illustraror Program.


c). Aplikasi Pengolah Piskel/Gambar
Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar manipulasi foto (photo retouching).
d). Aplikasi Pengolah Film/Video
Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam bebagai macam format.
e). Aplikasi Pengolah Multimedia
Program ini biasanya di gunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.
b.    Aplikasi Grafis CorelDRAW
            Sesaat setelah masuk ke dalam program CorelDRAW akan muncul tampilan sebagai berikut. Keterangan :
1).   New : untuk membuat dokumen baru.
2).  Recently used : untuk membuka dokumen yang terakhir kali di edit.
3). Open : untuk membuka file yang terakhir kali disimpan dari media simpan.
4). New From Template : untuk membuat dokumen baru dengan template (desain yang telah disediakan CorelDRAW ).
5). CorelTUTOR : untuk mengaktifkan tutorial interaktif yang ada/terinstal dalam program CorelDRAW.
6). What’s new? : untuk mengetahui fasilitas terbaru apa saja yang ditawarkan oleh CorelDRAW Versi terbaru ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.[4]
D.   Macam-macam Teknologi
              Peralatan teknologi informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Yang termasuk peralatan teknologi informasi adalah
1.        Cash Registar
Cash registar yaitu alat yang diguanakn untuk memperoleh informsi pembayaran di kasir. Mesin hitung uang / cash registar yang membuat adalah James Jacob Ritty pada tahun 1879.
2.        Kalkulator
Kalkulator itu alat yang diguanakn untuk memperoleh informasi hasil penghitung angka.
3.        Komputer
Komputer yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
4.        Laptop/Notebook
Laptop/Notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa ke mana saja karena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan listrik.
5.        Deskbook
Deskbook yaitu pealatan yang sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakan di atas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus mengguanakan listrik langsung. Karena belum dilengkapi batterai.
6.        Personal Digital Asisstant (PDA) / Komputer Genggam
Personal Digital Asisstant (PDA) / Komputer Genggam yaitu peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimsukan saku, tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai handphone (PDA phone). PDA pertama kali muncul tahun 1986 denagn diluncurkannya The Psion Organiser II, PDA pertama ini berbentuk seperti komputer genggam yang dilengkapi denagn keyboard dan layar yang kecil.
7.        Kamus Elektronik
Kamus Elektronik yaitu peralatan elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan antar bahasa.
8.        MP4 Player
MP4 Player yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.


9.        Kamera Digital
Kamera Digital yaitu peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
10.    Al-Quran Digital
Al-Quran Digital yaitu peralatan yang digunakan untuk menyimpan data berisi Al-quran yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
11.    Flash disk
  Flash disk yaitu media penyimpanan data yang bentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.
12.    MP3 Player
Mp3 Player yaitu peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
13.    Televisi
  Televisi yaitu peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak / video secara langsung. Sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi di temukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog. Televisi digital adalah sebuah teknologi yang diterapkan pada sinyal siaran televisi atau jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio, dan data ke pesawat televisi.

14.    Radio
  Radio yaitu peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan. Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar.
15.    Koran
  Koran yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit setiap hari.
16.    Majalah
  Majalah yaitu media cetak yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.










               [1] Abdul kadir & Tarra CH. Triwahyuni, pengenalan teknologi informasi ( Yogyakarta: Hak Cipta, 2012),  hh. 2-4.
             [2] Yudho Purwoko, memasuki masa remaja dengan ahlak mulia ( Bandung: Cetakan I, 2007), hh. 7-8.
             [3] Abdul kadir & Tarra CH Triwahyuni, Op.cit, hh. 5-9.a
               [4] Rubiyanto, teknologi informasi komunikasi ( Jakarta: Citra Pustaka, 2006), hh. 3-8.
          [5] macam-macam  teknologi,” Jakarta, 09 September, 2014. http://roddteknologi.blogspot.co.id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar