A.
Sekilas Pengertian Teknologi
Apa
sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi informasi? Apakah teknologi informasi
itu identik dengan komputer? Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian
teknologi informasi? Pernyataan-pernyataan seperti ini sering dilontarkan dan
untuk menemukan jawabannya kita perlu memahami pengertian teknologi informasi
itu sendiri.
Teknologi
informasi (information technology) biasa disebut TI, IT, atau infotech.
Berbagai definisi tentang informasi diberikan dengan maksud dapat memberikan
gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi.
Berbagai
definisi teknologi informasi sebagai berikut :
1.
Haag dan Keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat membantu anda bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.
2.
Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat
keras dan perangkat lunak) yang di gunakan untuk memperoses dan menyimpan
informasi, melainkan juga mencangkup teknologi komunikasi untuk mengirimkan
informasi.
3.
Williams dan Sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi
(komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data,
suara, dan video.
Dari definisi yang tercantum terlihat
bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar
berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi dengan
kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara
teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi
adalah sebagai berikut.
a.
Teknologi komputer
Teknologi
komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk
peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca
sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat di
kontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program
adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga
komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya. Data
adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar,
sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi
bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.
b.
Teknologi komunikasi
Teknologi
telekomunikasi atau biasa juga di sebut teknologi komunikasi adalah teknologi
yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam katagori
teknologi ini adalah telepon, radio, dan televisi.
Perlu
diperhatikan bahwa komputer tidak harus berupa seperti PC yang anda jumpai di
rumah atau kantor, tetapi juga bisa berupa peralatan-peralatan yang lain
seperti mesin pembuat kopi, oven mikro-glombang (microwave), remote
untuk TV, televisi, ponsel, dan CD player. Peralatan-peralatan seperti itu pada
masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk cip (chip) yang di sebut
mikroprosesor.
Dari pembicaraan di depan tersirat bahwa
teknologiinformasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung
ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti
seperti ponsel ataupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan
penyajian informasi (misalnya televisi). Hal yang terpenting adalah bahwa
teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi. [1]
B.
Pengertian Remaja
Remja berasal dari kata latin
adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence
mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional
sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Pasa masa ini sebenarnya tidak mempunyai
tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga
golongan dewasa atau tua.
Seperti
yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja
menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum
memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Menurut Sri
Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa
anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk
memasuki masa dewasa.
Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun
sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi
pria. Sedangkan pengertian remaja menurut Zakiah Darajat (1990: 23) adalah:
masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini
anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun
perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun
cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.
Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26) bahwa adolescene
diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa
yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah
antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan
atas tiga, yaitu 12 – 15 tahun = masa remaja awal, 15 – 18 tahun = masa remaja
pertengahan, dan 18 – 21 tahun = masa remaja akhir. Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono membedakan
masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa
remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa
remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006:
192).[2]
C.
Pengelompokan Teknologi Informasi
Telah diketahui bahwa
teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih
rinci, teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 3 teknologi, yakni
teknologi keluaran, teknologi penyimpan dan teknologi perangkat lunak.
1.
Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran (output technology) dalah teknologi yang
berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi
hasil pengolahan sistem. Layar atau monitor dan printer merupakan peranti yang
bisa digunakan sebagai peranti keluaran
2.
Teknologi Penyimpan
Teknologi penyimpan di bedakan menjadi dua kelompok, yaitu : memori
internal dan penyimpan eksternal.
Memori
internal (bisa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi
sebagai pengingat sementara baik bagi data, program,maupun informasi ketika
peroses pengolahan dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM
dan RAM. ROM (Read-only memory) adalah meori yang hanya bisa dibaca,
sedangkan isket diperbaharui.
Penyimpan eksternal (external storage) dikanal juga dengan
sebutan penyimpan sekunder. Penyimpan eksternal adalah segala peranti yang
berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Perngertian permanen di sini
berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan
baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik).
Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpan eksternal.
3.
Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan
program adalah deretan instruksi yang diguankan untuk mengendalikan komputer
sehingga komputer dapat nmelakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Tentu saja untuk mengerjakan tugas yang berbeda diperlukan pula perangkat lunak
tersendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakan contoh perangkat lunak yang
berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak
yang berguna untuk mengolah gambar.[3]
1.
Perangkat Lunak dalam Desain Grafis CorelDRAW
a.
Katagori Desain Grafis
Peralatan yang diguankan oleh para desainer grafi adalah akal atau
imajinasi, mata, tangan, alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta) dan
komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain
sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Dalam garis
besarnya desain grafis dikelompokan menjadi bebrapa katagori :
1).
Printing (pemcetkan) yang membuat desain buku, majalah, poster, booklet,
leaflet, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2). Web Design : desain untuk halam web.
3). Film termasuk CD, DVD,
CD multimedia untuk promosi.
4). Logo EGD (Environmental
Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain
grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5). Desain Produk,
Pemaketan, dan sejenisnya.
Oleh karena itu desain
grafis dibagi menjadi bebrapa katagori, maka sarana untuk mengolah pun
berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
a). Aplikasi Pengolah Tata Letak ( Layout )
Program ini sering diguanakan untuk keperluan pembuatan brosur,
pamflet, booklet, poster dan lain sebagainya.
b). Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program ini sering diguanakan untuk
membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustraror Program.
c). Aplikasi Pengolah Piskel/Gambar
Program
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar manipulasi foto (photo
retouching).
d). Aplikasi Pengolah Film/Video
Program ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam bebagai
macam format.
e). Aplikasi Pengolah Multimedia
Program ini biasanya di gunakan untuk membuat sebuah karya dalam
bentuk multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan
dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.
b.
Aplikasi Grafis CorelDRAW
Sesaat setelah masuk ke dalam program
CorelDRAW akan muncul tampilan sebagai berikut. Keterangan :
1). New : untuk membuat
dokumen baru.
2). Recently used : untuk
membuka dokumen yang terakhir kali di edit.
3). Open : untuk membuka file yang terakhir kali disimpan dari
media simpan.
4). New From Template : untuk membuat dokumen baru dengan template
(desain yang telah disediakan CorelDRAW ).
5). CorelTUTOR : untuk mengaktifkan tutorial interaktif yang
ada/terinstal dalam program CorelDRAW.
6). What’s new? : untuk mengetahui fasilitas terbaru apa saja yang
ditawarkan oleh CorelDRAW Versi terbaru ini dibandingkan dengan versi
sebelumnya.[4]
D. Macam-macam Teknologi
Peralatan
teknologi informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu
informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Yang termasuk
peralatan teknologi informasi adalah
1.
Cash Registar
Cash registar yaitu alat yang diguanakn untuk memperoleh informsi
pembayaran di kasir. Mesin hitung uang / cash registar yang membuat adalah James
Jacob Ritty pada tahun 1879.
2.
Kalkulator
Kalkulator itu alat yang diguanakn untuk memperoleh informasi hasil
penghitung angka.
3.
Komputer
Komputer yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan
untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya
untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa
tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
4.
Laptop/Notebook
Laptop/Notebook yaitu peralatan yang fungsinya sama dengan komputer
tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa ke mana saja karena
menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa digunakan tanpa menggunakan
listrik.
5.
Deskbook
Deskbook yaitu pealatan yang sejenis komputer yang bentuknya
praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakan di atas meja
tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus mengguanakan listrik langsung.
Karena belum dilengkapi batterai.
6.
Personal Digital Asisstant (PDA) / Komputer Genggam
Personal Digital Asisstant (PDA) / Komputer Genggam yaitu peralatan
sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimsukan saku,
tetapi manfaatnya hampir sama dengan komputer dapat mengolah data, bahkan
sekarang banyak PDA yang juga dapat berfungsi sebagai handphone (PDA phone).
PDA pertama kali muncul tahun 1986 denagn diluncurkannya The Psion Organiser
II, PDA pertama ini berbentuk seperti komputer genggam yang dilengkapi denagn
keyboard dan layar yang kecil.
7.
Kamus Elektronik
Kamus Elektronik yaitu peralatan elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan
antar bahasa.
8.
MP4 Player
MP4 Player yaitu peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan
data sekaligus sebagai alat pemutar video dan music serta game.
9.
Kamera Digital
Kamera Digital yaitu peralatan yang digunakan untuk menyimpan
gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau
disk.
10.
Al-Quran Digital
Al-Quran Digital yaitu peralatan yang digunakan untuk menyimpan
data berisi Al-quran yang dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
11.
Flash disk
Flash disk yaitu media
penyimpanan data yang bentuk Universal Serial Bus tetapi dapat menyimpan data
dalam jumlah banyak.
12.
MP3 Player
Mp3 Player yaitu peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus
dapat digunakan untuk memutar music dan mendengarkan radio.
13.
Televisi
Televisi yaitu peralatan teknologi
yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak /
video secara langsung. Sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan
ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi di temukan
oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan
menjadi televisi digital dan analog. Televisi digital adalah sebuah teknologi
yang diterapkan pada sinyal siaran televisi atau jenis televisi yang
menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video,
audio, dan data ke pesawat televisi.
14.
Radio
Radio yaitu peralatan
elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara dari
station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan. Dalam sebuah radio,
terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan
antena pemancar.
15.
Koran
Koran yaitu media cetak
yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang
terbit setiap hari.
16.
Majalah
Majalah yaitu media cetak
yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berupa tulisan dan gambar yang
terbit secara rutin setiap minggu atau bulanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar